Inilah 8 Alasan Endless OS Wajib untuk Dicoba

Beralih ke sistem operasi lain percaya atau tidak masih belum menjadi kebiasaan para pengguna perangkat komputer di Indonesia. Walau saat ini sudah banyak beredar sistem operasi tidak berbayar yang layak untuk dicoba, ada banyak faktor lain yang bisa menjadi penyebab seperti misalnya kemudahan pemakaian, kompatibilitas dengan perangkat komputernya hingga yang paling menjadi pertimbangan adalah dukungan aplikasi dan faktor keamanan dari ancaman serangan siber.

Di antara sistem operasi yang telah populer dan mendominasi pasar komputasi saat ini, sistem operasi bernama Endless OS mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Cukup wajar mengingat sistem operasi ini memang baru saja resmi meluncur ke tanah air, dan kehadirannya pun langsung mendapat dukungan 2 vendor besar yakni Acer dan ASUS. Setelah kami mengajak Anda mengenal Endless OS yang bisa dibaca di artikel berikut, di artikel kali ini kami akan memberikan 8 alasan mengapa Anda wajib mencoba Endless OS.

1. Tersedia gratis

 

Endless OS hadir di Indonesia dengan harapan mampu meratakan dan mempermudah akses teknologi kepada rakyat Indonesia. Tidak hanya di wilayah perkotaan tapi juga hingga ke pelosok-pelosok daerah. Dengan semangat inilah siapa saja bisa mencoba Endless OS karena sistem operasi ini tidak memungut biaya sepeser pun alias gratis.

Endless OS bisa diunduh melalui laman https://endlessos.com/ atau jika memerlukan DVD Installer Endless OS, dalam waktu dekat Endless juga akan menyiapkan DVD Installer Endless OS yang bisa calon pengguna request melalui fanspage Endless Computers di Facebook.

Jika Anda baru saja membeli perangkat PC atau laptop yang belum dilengkapi sistem operasi, tentunya Endless OS menurut kami layak untuk dicoba. Atau, bagi yang belum punya perangkat komputer namun ingin mencicipinya, di pasaran kini sudah tersedia beberapa varian perangkat laptop dan AIO PC dari Acer dan ASUS yang langsung terpasang Endless OS.

2. Menjangkau semua pengguna
Spesifikasi minimum perangkat dan kompatibilitas hardware sangat wajib diperhatikan saat ingin beralih sistem operasi. Endless OS dikatakan bisa berjalan dengan sempurna di semua sistem PC, meski sistem PC Anda tidak hadir dengan hardware yang bertenaga sekalipun. Asalkan mencukupi persyaratan spesifikasi minimumnya Endless OS tetap bisa dijalankan.

Info lebih lengkap spesifikasi minimum menjalankan Endless OS bisa dilihat di tautan berikut ini. Jika menemukan masalah dengan Endless OS juga telah tersedia dukungan tim support yang akan senantiasa membantu menyelesaikan masalah Anda. Selain itu telah hadir komunitas Endless yang mengulas beragam topik seputar Endless OS sekaligus menghubungkan Anda dengan pengguna Endless OS lain dari berbagai negara.

3. Antarmuka intuitif, sangat mudah digunakan

Penetrasi jumlah pengguna ponsel pintar di Indonesia tercatat terus merangkak naik. Jadi tidak heran konsumen di Indonesia sudah terbiasa dengan ponsel pintar.

Untuk itulah Endless OS hadir dengan rancangan antarmuka yang sangat intuitif seperti di ponsel pintar. Tidak perlu waktu lama beradaptasi dengan sistem operasi ini. Pasalnya, Endless OS memang sangat mudah sekali dipahami dan digunakan. Bahkan untuk pengguna yang belum pernah menggunakan komputer sekalipun kami yakini bisa dengan cepat menguasainya. Selain itu, Endless OS hingga saat ini juga mendukung multibahasa seperti bahasa Indonesia, Spanyol, Portugis, Arab, China, Thailand, Bengali, Vietnam, dan Arab.

4. Tetap Optimal meski tanpa dukungan jaringan internet
Patut diakui koneksi internet saat ini sudah menjadi bagian hidup masyarakat khususnya para pengguna ponsel pintar dan perangkat komputer. Kendati demikian, cukup disayangkan penyebaran jaringan internet di Indonesia masih belum merata hingga ke pelosok daerah. Akses internet yang mumpuni hanya bisa dinikmati oleh masyarakat di kota-kota besar.

Melihat permasalahan tersebut, Endless OS muncul dengan solusi yang sangat menarik. Endless OS tersedia dengan dua versi diantaranya versi Lite untuk pengguna yang memiliki dan mudah mengakses internet. Pengguna yang memakai versi ini bisa mengunduh konten dan software apapun di Endless OS App Centre yang merupakan toko aplikasi Endless OS.

Versi kedua adalah versi full. Versi ini khusus dirancang untuk pengguna yang minim atau tidak memiliki koneksi internet sama sekali karena sudah langsung dilengkapi dengan lebih dari 100 aplikasi gratis yang dapat digunakan tanpa koneksi internet. Jadi, Endless OS tetap bisa berjalan dan mencukupi kebutuhan penggunananya dengan maksimal meski tanpa koneksi internet sekalipun. Ketika terhubung ke internet, komputer dengan Endless OS tetap bisa berfungsi seperti komputer pada umumnya, Anda dapat mencari informasi apapun atau menghubungi kerabat Anda dimanapun.

5. Mengedepankan konten edukasi

 

Menjawab salah satu misi global Endless untuk memberikan jaminan akses teknologi terbaik yang berguna untuk pendidikan tentu saja Endless OS bisa digunakan untuk mendukung kegiatan belajar.

Endless OS telah menyediakan aplikasi edukasi seperti misalnya Encylopedia yang menyediakan lebih dari 50.000 artikel Wikipedia yang bisa diakses tanpa koneksi internet. Selain itu tersedia video dan aplikasi lain untuk berbagai topik yang berkaitan dengan edukasi. Dengan demikian Endless OS bisa menjadi pilihan untuk para pelajar atau sekedar mengenalkan anak-anak Anda dengan perangkat komputer.

Kami pun sangat berharap kedepannya Endless OS bisa terus menambah beragam fitur dan aplikas berguna lain sehingga bisa menjadi sarana edukasi yang tepat guna. Seperti misalnya menambah fitur parental control hingga menggandeng para pengembang lokal yang fokus pada pendidikan agar aplikasinya bisa diakses oleh pengguna Endless OS.

6. Mumpuni untuk produktivitas
Endless OS telah didukung dengan aplikasi untuk produktivitas Anda sehari-hari. Browsing, membuat dokumen, presentasi, membuka file PDF hingga menyiapkan lembar jalur untuk pekerjaan Anda bisa dilakukan di Endless OS berkat hadirnya dukungan browser Google Chrome dan LibreOffice yang setara dengan Microsoft Office.

7. Dukungan aplikasi yang terus bertambah

Selain menyediakan lebih dari 100 aplikasi bawaan yang bisa langsung dinikmati, Endless OS juga menyediakan toko aplikasi yang menyediakan beragam aplikasi secara gratis yang jumlahnya akan terus bertambah. Di sini Anda bisa menemukan beragam aplikasi untuk bekerja, belajar, atau bermain. Untuk bermain Endless OS bahkan telah didukung platform gaming, Steam, yang memiliki akses ke lebih dari 1800 judul game dan komunitas yang beraggotakan lebih dari 65 juta gamer di 237 negara dengan 21 bahasa yang berbeda.

8. Relatif aman dari ancaman siber
Dibandingkan dengan sistem operasi lain, Endless OS diklaim tahan virus jadi setidaknya relatif aman dari ancaman serangan siber. Selain itu Anda juga bisa menghemat biaya untuk kedepannya karena tidak perlu membeli antivirus untuk perlindungan tambahan.

 

Leave a Reply